Minggu, 19 Juni 2016

Tugas Kelompok 1

Asset and Configuration Management
Asset and Configuration Management adalah salah satu bagian dari Service Transition di ITIL

http://www.hci-itil.com/processes/images/proactive_model_pt2.jpg
Mengapa kita harus memiliki asset and configuration management ?

Proses ini untuk memastikan integritas dari service asset dan konfiguraasi yang ada dalam rangka mendukung management yang efektif dan efisien dari sebuah IT Organisation.
Alasan utama dari configuration management adalah untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan (non-duplicate) mengenai IT Components dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain.  Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa informasi yang relevant tersedia untuk proses – proses yang lain untuk memastikan impact and risk analysis yang lebih detail dapat dilakukan.

Objective / Tujuan dari Asset and Configuration Management

•Memperhitungkan seluruh IT Asset dan Configuration didalam organisasi beserta services nya.
•Menyediakan informasi yang akurat terhadap konfigurasi dan dokumennya untuk mendukung service management processes lainnya.
• Menyediakan dasar yang kuat untuk incident management, problem management,, change management, serta release management.
•Verifikasi catatan konfigurasi terhadap infrastruktur dan koreksi terhadap seluruh pengecualian/ketidakcocokan. 
•Merencanakan, identifikasi, kontrol, record, report, audit, dan verifikasi service asset serta configuration item.
•Melakukan perhitungan untuk memanage dan proteksi terhadap integritas dari service asset dan configuration item di seluruh siklus hidup mereka. „
•Menyediakan informasi yang akurat untuk mendukung  managemen servis dan bisnis.
•„Memastikan integrity dari item item tersebut dengan membuat dan memelihara sebuah Configuration Management System (CMS) sebagai bagian dari  Service knowledge management System (SKMS)
Apa itu Change Management?

Perubahan bisnis dan lingkungannya dengan begitu cepat harus diiringi pula dengan manuver-manuver jitu jika tidak ingin terlindas atau kalah dari kompetisi. Perubahan ini tidak hanya berdampak terhadap sistem, tapi juga pelaksana sistem itu sendiri, yaitu Manusia. Yang selanjutnya menjadi masalah adalah elemen manusia merupakan bagian yang memiliki resistensi (penolakan) paling besar. Istilahnya adalah Status Quo. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah pendekatan agar Manusia, sebagai elemen paling penting, memiliki pandangan yang positif terhadap perubahan, bahkan siap menjadi bagian di dalamnya. Pendekatan ini disebut Change Management atau Manajemen Perubahan.

Secara definisi, Change Management adalah sebuah proses terstruktur dan sistematis untuk membantu transisi individu, tim kerja, ataupun organisasi dari sebuah kondisi ke arah tujuan yang diinginkan.

Komponen yang harus ada di dalam Change Management adalah :
1.       Motivating Change
Mendorong kesiapan untuk berubah dan mengatasi setiap penolakan terhadapnya.
2.       Creating a Vision
Merumuskan arah perubahan yang diharapkan.
3.       Developing Political Support
Mempersiapkan para Agen Perubah (Change Agent), termasuk para informal leader. 
4.       Managing the Transition
Menyusun rencana aktivitas, membangun komitmen dan struktur komite.
5.       Sustaining Momentum
Mempersiapkan infrastruktur perubahan, membangun sistem pendukung bagi para Agen Perubah, membangun kompetensi dan keahlian baru, dan mengapresiasi kemajuan sekecil apapun.

Bila salah satu komponen di atas tidak dilaksanakan dengan baik, maka beresiko terhadap keberhasilan perubahan itu sendiri, seperti :
Langkah 1 tidak dijalankan / cukup seadanya = Status Quo akan terjaga di titik ekstrim.
Langkah 2 tidak dijalankan / cukup seadanya = Perubahan terjadi dengan arah yang tidak jelas dan terjadi kebingungan.
Langkah 3 tidak dijalankan / cukup seadanya = Akan terjadi sabotase.
Langkah 4 tidak dijalankan / cukup seadanya = Fungsi-fungsi di dalam organisasi akan sulit beroperasi.
Langkah 5 tidak dijalankan / cukup seadanya = Perubahan tidak akan mencapai titik yang diharapkan.

Dengan demikian, perubahan apapun, kebijakan, lokasi, waktu kerja, dst. harus direncanakan dengan matang dan dilaksanakan serta dimonitor dengan baik dan hati-hati.


ITIL Release And Deployment Management
ITIL Pers Dan Manajemen Deployment Dijelaskan Dalam Detil
Interaksi kompleks antara semua komponen yang membentuk make infrastruktur TI menerapkan perubahan tugas halus.
Manajemen Perubahan bertanggung jawab untuk menyetujui dan mengawasi proses secara keseluruhan maka kita akan menyebutnya sebagai proses Pemerintahan. Namun, Manajemen Siaran memiliki tugas khusus merancang; pengujian dan menginstal perubahan yang telah ditentukan dalam lingkungan hidup maka kita akan menyebutnya sebagai proses eksekusi.
Ini semua membutuhkan perencanaan yang matang dan koordinasi dengan proses lainnya yang terkait dengan manajemen layanan TI.
Manajemen Siaran berada di bawah ITIL Service proses Transisi.
Semua layanan baru atau diubah harus melalui proses manajemen rilis untuk memastikan bahwa kemampuan yang diharapkan oleh para pemangku kepentingan yang dicapai seperti yang diharapkan.
Mari kita mendefinisikan beberapa istilah penting pertama sebelum kita masuk ke proses manajemen rilis yang sebenarnya.

(Release) Rilis    : Sebuah rilis adalah kumpulan perubahan berwenang untuk layanan TI. yaitu, Koleksi hardware, software, dokumentasi, proses atau komponen lain yang diperlukan untuk melaksanakan satu atau lebih menyetujui perubahan layanan TI. Isi setiap rilis dikelola, diuji dan digunakan sebagai satu kesatuan.
Rilis Satuan         : "rilis Unit" menggambarkan bagian dari suatu layanan atau infrastruktur TI yang biasanya dirilis bersama-sama sesuai dengan kebijakan rilis organisasi.

Rilis Paket            : Sebuah paket rilis mungkin rilis kesatuan atau satu set terstruktur unit rilis, termasuk terkait pengguna atau dukungan dokumentasi yang diperlukan.

Manajemen Perubahan                                : proses perubahan manajemen yang digunakan untuk memberikan perubahan diselesaikan dan diuji dalam lingkungan pra-produksi bersama dengan satu set alat dan / atau prosedur untuk bermigrasi perubahan ke lingkungan produksi yang hidup.

Membangun Manajemen            : Perangkat lunak, perangkat keras dan dokumentasi yang terdiri unit pelepasan harus dirakit dengan cara yang terkendali untuk memastikan proses berulang. Ini harus mencakup otomatisasi mana mungkin untuk kompilasi dan distribusi, yang untuk organisasi besar secara signifikan dapat mengurangi total biaya kepemilikan untuk layanan yang terlibat.



Service Desk

Service desk merupakan layanan TI yang didefinisikan dalam ITIL dengan tujuan mendukung proses manajemen pada ITSM yang berfungsi sebagai SPOC (single point of contact) pelanggan dan pengguna layanan TI. Beberapa pengertian tentang service desk adalah sebagai berikut;
Menurut ITIL, service desk adalah bagian dari iterasi service operation yang menjadi SPOC (single point of contact) antara penyedia layanan dan pengguna layanan. Service desk berfungsi untuk mengelola insiden (incident management), permintaan layanan (fulfillment management) dan menangani komunikasi dengan pengguna layanan.
Berarti tujuan utama dari service desk adalah sebagai jembatan komunikasi antara penyedia layanan dan pelanggan. Implementasi service desk beragam pada masing-masing organisasi. Service desk dibentuk menyesuaikan kebutuhan TI dalam mengelola insiden dan problem pada layanan. Terdapat beberapa struktur bentuk dari service desk menurut Brady Orand (2011), diantarnya sebagai berikut:

  • Local Service Desk merupakan pusat pelayanan TI yang berbasis pada lokal/unit dari sebuah organisasi TI yang besar. Local service desk hanya mencakup memberi pelayanan SPOC pada satu unit.
  • Centrals Service Desk merupakan pelayanan TI yang bersifat terpusat pada organisasi berbasis TI. Dukungan dan layanan SPOC yang diberikan berasal dari satu pusat pelayanan TI dalam sebauh organisasi.
  • Virtual Serive Desk merupakan pemberian dukungan dan pelayanan SPOC yang memanfaatkan fasilitas teknologi. Virtual service desk diwujudkan dalam pemberian dukung berbasis TI dan komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar