Minggu, 19 Juni 2016

Pengertian ITSM

ITSM (Information Technology Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi. Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas kapan dimulainya.
ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecturearsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
Meskipun mengelola teknologi itu sendiri adalah komponen penting dari solusi ITSM paling, itu bukan fokus utama. Sebaliknya ITSM alamat kebutuhan untuk menyelaraskan pengiriman layanan TI erat dengan kebutuhan bisnis. Ini transformasi tradisional “bisnis – TI paradigma” dapat digambarkan oleh beberapa atribut berikut:
Traditional I/T
becomes
ITSM Process
Technology focus
Process focus
“Fire-fighting”
Preventative
Reactive
Proactive
Users
Customers
Centralized, done in-house
Distributed, sourced
Isolated, silos
Integrated, enterprise-wide
“One off”, adhoc
Repeatable, accountable
Informal processes
Formal best practices
IT internal perspective
Business perspective
Operational specific
Service orientation
Tujuan bisnis, tujuan tingkat pelayanan, infrastruktur teknologi dan daerah lain memainkan peran penting dalam paradigma metode ITSM dan disajikan dan dibahas secara rinci dalam ITSM Jasa.

Kerangka kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan contoh penerapan ITSM di antaranya:
·         Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
·         Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
·         Software Maintenance Maturity Model
·         PRM-IT IBM's Process Reference Model for IT
·         Application Services Library (ASL)
·         Business Information Services Library (BISL)
·         Microsoft Operations Framework (MOF)
·         eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management


Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM 
https://silvyseptiana.wordpress.com/2011/11/15/pengertian-itsm-information-technology-service-management/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar