Jurnal International
Sejak ITIL memperoleh lebih dan lebih tanah di pasar untuk sistem informasi
melalui efektivitas dan efisiensi dalam manajemen pelayanan, para pembuat
kebijakan IT memiliki bukti untuk membenarkan investasi mereka dalam
pelaksanaannya.
Terutama, ITIL didasarkan pada lima pilar:
• Pelayanan pelanggan.
• Siklus hidup layanan.
• Konsep proses.
• Kualitas pelayanan.
• Komunikasi.
Pelayanan pelanggan
Konsep ini sangat penting untuk mengelola layanan TI. Ini melibatkan
membuat kebutuhan pelanggan menjadi perhatian utama dari penyedia layanan TI
Layanan siklus hidup
Sebelum menjelaskan siklus hidup layanan, konsep layanan, sebagai
repositori ITIL harus dijelaskan Pertama.
Konsep Proses
Konsep proses telah menunjukkan ketahanan dalam kualitas dalam industri.
Kualitas Layanan
Konsep ini adalah alasan untuk praktik yang baik. Kualitas pelayanan dapat
didefinisikan sebagai kesempatan untuk menanggapi kebutuhan pelanggan persis
seperti yang diperlukan.
Komunikasi
Salah satu kontribusi dari ITIL adalah komunikasi yang baik. Ini selaras
bahasa antara pelanggan dan pemasok. Bahasa ini menghilangkan ambigu ketika
penyedia berbicara tentang SLA ITs, insiden, masalah, perubahan, dll
Analisa
Jadi Konsep ITIL
adalah untuk membantu konsumen untuk mendapatkan layanan terbaik dalam hal-hal
yang menyangkut tentang IT dan menjadikan sebuah perusahaan lebih banyak di
gunakan oleh konsumen karena layanan dan komunikasi yang baik dari Help desk
atau IT service’s. oleh karena itu banyak perusahaan yang sudah
mengimplementasikan ITIL sebagai sarana utama bagi konsumen untuk menyampaikan
masalah yang sedang di hadapi dan menyelesaikannya dengan cepat. Oleh karena
itu banyak konsumen yang puas dan menjadi pelanggan tetap karena mendapat
layanan yang baik.
Analisa Di buat
oleh:
Indra Wahyudi E
2KA17
15114310
Jurnal
Lokal.
ITIL atau Information
Technology Infrastructure Library, merupakan sebuah framework yang dibuat dan
dikembangkan oleh Office of Government Commerce (OGC) di Inggris. ITIL
merupakan kumpulan dari best practice tata kelola layanan teknologi informasi
diberbagai bidang dan industri, dari mulai manufaktur sampai finansial,
industri besar dan kecil, swasta dan pemerintah.
Dalam perkembangannya ITIL telah mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya teknologi informasi
Dalam perkembangannya ITIL telah mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya teknologi informasi
Penerapan ITIL Framework
dalam Dunia Nyata
PT. Tridas Widiantara adalah sebuah perusahaaan yang bergerak di bidang IT. Namun, sebagai perusahaan yang berkembang perusahaan ini masih memiliki beberapa masalah terutama dalam proses bisnisnya. Dimana berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh Infitharina (2007) dalam karangan skripsi-nya yang berjudul “Penerapan Information Technology Infrastructure Library Framework Pada Sistem Manajemen Service Desk (Studi Kasus: PT Tridas Widiantara)”,
PT. Tridas Widiantara adalah sebuah perusahaaan yang bergerak di bidang IT. Namun, sebagai perusahaan yang berkembang perusahaan ini masih memiliki beberapa masalah terutama dalam proses bisnisnya. Dimana berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh Infitharina (2007) dalam karangan skripsi-nya yang berjudul “Penerapan Information Technology Infrastructure Library Framework Pada Sistem Manajemen Service Desk (Studi Kasus: PT Tridas Widiantara)”,
Analisa
Dalam Jurnal tentang ITIL ini saya dapat menganalisa
bahwa penggunaan ITIL adalah untuk membantu melayani network dan framework agar
semua yang dibutuhkan dalam perusahaan atau konsumen mengurangi banyaknya waktu
yang terbuang karena lewat ITIL( Information Technology Infrastructure Library)
dapat mengatasi masalah yang ada pada server atau computer pada client dengan
menggunakan jarak jauh dan dapat mengefisiensikan waktu.
Namun ada beberapa kekurangan dalam ITIL, dikarenakan
banyak perusahaan yang tidak ingin menggunakan tenaga kerja ahli untuk bekerja
tetap supaya mengurangi biaya. Biasanya banyak perusahaan yang menggunakan
tenaga ahli ITIL untuk memmaintenace server atau membantu user dari rumah atau
kantor mereka masing – masing. Tidak ada catatan resmi mengenai kerusakan yang
terjadi.
Analisa Dibuat Oleh:
Indra Wahyudi E
2KA17
15114310
Tidak ada komentar:
Posting Komentar